KAFILAH DKI JAKARTA BERPOTENSI JUARA UMUM, IZZAH QURATAINI MASUK FINAL

KAFILAH DKI JAKARTA BERPOTENSI JUARA UMUM, IZZAH QURATAINI MASUK FINAL

Sofifi _ Kegiatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXVI yang dipusatkan di Sofifi, Ibu Kota Provinsi Maluku Utara, mulai memasuki Babak Final pada hari kelima ini, Kamis (21/10/2021).
Di babak final ini, hanya tersisa 21 Kafilah yang mengikuti Lomba STQ Nasional, dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang yang berhasil lolos dari babak penyisihan.

Hal ini dituangkan ke dalam Surat Keputusan (SK) Dewan Hakim Nomor : 02/KEP.DH/STQ/26/2021 tanggal 20 Oktober 2021, tentang Penetapan Peserta Finalis Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) dan Musabaqah Al Hadits Tingkat Nasional XXVI.

Berdasarkan SK yang ditanda tangani Ketua Dewan Hakim, Prof. DR. Sahid Agil Husin Al Munawar tersebut, tercatat daerah dengan peserta terbanyak yang lolos pada Babak Penyisihan adalah Kafilah  DKI Jakarta, yakni sebanyak 9 orang peserta.  

Kesembilan orang peserta ini menempati urutan teratas, sehingga berpeluang atau berpotensi menjadi Juara Umum dalam ajang STQN XXVI ini.  

Dari empat cabang lomba, yaitu Cabang Musabaqah Tilawatil Quran dengan golongan anak-anak dan dewasa, Cabang Musabaqah Hifdzil (hafalan) Quran golongan 1 dan 5 Juz Tilawah, golongan 10, 20 dan 30 Juz, Cabang Musabaqah Tafsir Quran golongan Bahasa Arab, dan Cabang Musabaqah Hadits,  masing-masing golongan Hafalan 100 Hadits dengan Sanad, dan Hafalan 500 Hadits Tanpa Sanad.

Setelah Kafilah DKI Jakarta, yang lolos ke Babak Final dengan menempati tempat teratas, di urutan kedua ditempati Kafilah Jawa Timur, dengan 8 peserta, urutan ketiga ada Kafilah dari Sumatera Utara dengan 6 orang peserta, urutan keempat berhasil ditempati oleh Kafilah Kepulauan Riau, dan Kafilah Riau dengan jumlah peserta sebanyak 5 orang.

Selanjutnya Provinsi Banten berada di posisi kelima, dengan 4 peserta, di urutan keenam di isi oleh Kafilah Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dengan jumlah masing-masing 3 peserta, sementara di urutan ketujuh ada Kafilah Jawa Tengah, dan Nusa tenggara Barat dengan jumlah masing-masing 2 orang.

Sedangkan Kafilah dari Provinsi Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku Utara, Papua, Sulawesi Tengah dan Sumatera Barat, masing-masing hanya satu orang peserta yang berhasil lolos ke Babak Final.

Dan satu-satunya perwakilan Maluku Utara yang berhasil lolos ke Babak Final adalah Izzah Qurataini, pada Mata Lomba Golongan 1 Juz dan Tilawah Tingkat Anak-anak.

Perhelatan STQ Tingkat Nasional XXVI Tahun 2021 ini, direncanakan berakhir pada 22 Oktober 2021, dan akan ditutup secara resmi oleh Wakil Menteri Agama RI. Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi.

Dalam acara penutupan nanti, panitia akan menyuguhkan hiburan musik Gambus/Religi untuk para tamu dan masyarakat,  dengan kembali menghadirkan Grup Band Debu. (red.).

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

10 Mar-2020
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVI

08.00 WIT - Gedung New Plaza, Tobelo

12 Mar-2020
Seminar Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah dari Tidore sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesi

08.30 - Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana, Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta

26 Feb-2021
pelantikan kepala daerah yang di lantik oleh Gubernur

10.00 - selesai - aula nuku

Ruang Multimedia