Pertemuan ke-10 GNMC, Resmi Dibuka di Tidore

Pertemuan ke-10 GNMC, Resmi Dibuka di Tidore

TIDORE- Pemerintah dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan sebagai bagian dari salah satu kota persinggahan ekspedisi Magellan-Elcano menerima dengan senang hati kehadiran seluruh keluarga besar Global Network Magellan Cities (GNMC) yang hadir di pertemuan ke-10 di Kota Tidore ini.

"Dengan tangan terbuka kami selalu siap memberikan dukungan moril dan berkomitmen membangun kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan dengan seluruh anggota GNMC," kata Walikota Tikep, dalam sambutan pada acara pertemuan ke 10 GNMC, Selasa (17/7) di aula lantai 1 kantor Walikota Tikep.

Walikota mengatakan, ekspedisi pelayaran Magellan-Elcano mengelilingi bumi, telah banyak memberikan pengaruh terhadap kemajuan peradaban manusia di berbagai bidang, baik kebudayaan, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknologi, politik dan sebagainya. Hal ini terjadi karena munculnya interaksi sosial antara bangsa-bangsa eropa dengan daerah-daerah yang menjadi titik persinggahan ekspedisinya.

Walikota berharap, melalui rapat ke 10 dan kerjasama kemitraan yang diakukan ini, semoga saudara-saudara melihat seluruh potensi yang ada Tidore, baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya. Serta dapat menentukan dan memilih sektor-sektor mana saja yang layak memperoleh dukungan untuk dikembangkan bersama-sama demi kemaslahatan dan kemajuan sesama anggota GNMC.

"Kepada seluruh peserta GNMC, saya mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam pertemuan kesepuluh ini untuk bersama-sama membicarakan program kerja kemitraan di berbagai bidang. Mudah-mudahan kerjasama ini membawa dampak positif bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan profit yang baik bagi seluruh kota anggota GNMC," ujarnya.

Terkait dengan hal itu, Pj. Sekretaris Daerah Malut, Bambang Hermawan MSi, dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh tamu undangan, teristimewa untuk kedua Duta Besar (Dubes) Portugal dan Spanyol, Bapak Rui Fernando Sucena do Carmo dan Bapak Jose Maria Matres Manso serta seluruh delegasi yang berkenaan datang di negeri rempah-remah (Maluku Utara).

"Selamat datang di negeri para raja dengan banyak rempah-rempah, dan Bapak/Ibu saat ini tengah derada di sebuah Pulau (Tidore) yang pernah disinggahi oleh Ferdinand Magellan dan Juan Sebastian Elcano, dalam ekspedisi keliling dunia 500 tahun silam," katanya.

Sekprov juga menghaturkan terimakasih atas terpilihnya Tidore sebagai tempat pelaksanaan pertemuan ke-10 GNMC.

"Bagi kami, Tidore sebagai tempat pertemuan GNMC ini merupakan sebuah penghormatan besar dan akan menjadi catatan sejarah, bahwa Indonesia pada umumnya dan Maluku Utara khususnya merupakan daerah penghasil rempah-rempah," ungkapnya.

Lanjut Sekprov, pertemuan ini juga bagi kami akan sangat berarti, karena dalam forum ini akan membahas berbagai program kerjasama bilateral antara negara-negara yang tergabung dalam GNMC.

"Kami berharap kiranya pertemuan GNMC ke-10 ini dapat mendorong kerja sama yang lebih luas dengan masing-masing anggota GNMC. Khususnya dalam hal pertukaran pegetahuan, pemahaman lintas budaya, maupun kerja sama dalam konteks ekonomi (perdagangan dan investasi)," jelasnya.

Sekprov juga memohon maaf kepada semua delegasi GNMC dan kedua Dubes, jika dalam kunjungan ini terdapat hal-hal yang kurang berkenaan di hati. "Semoga dengan pertemuan ini dapat menjadi titik awal untuk persiapan agenda, Sail Tidore pada tahun 2021 mendatang," pintahnya.

Sekadar diketahui, hadir dalam pertemuan ke-10 GNMC itu antara lain, Kedua Dubes (Portugal dan Spanyol) Rui Fernando Sucena do Carmo dan Jose Maria Matres Manso, Presiden GNMC yang diwakili Ny. Catarina Marquez de Almeida Vaz Pinto, Sekretaris Jenderal GNMC, Jose Manuel de Carvalho Marquez, Sekretaris Koordinator GNMC Rafael Crespo Torrado, para Walikota delegasi anggota GNMC, pihak Kesultanan, perwakilan dari Kementerian/Lembaga, perwakilan dari Komite Seni dan Budaya Nusantara, perwakilan dari Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) serta akademisi dan peneliti sejarah. (Hms)

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

20 Sep-2016
Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman Berbasis Sumberdaya Lokal Prov. MALUT (PKK)

10:00 - Kompleks Pertanian Sofifi

21 Sep-2016
Makan Malam Gubernur Maluku Utara dengan Gubernur Jawa Timur Beserta Para Rektor Se Indonesia

20:00 - Aula Melati Kediaman Gubernur Malut, Kalumpang Ternate

24 Jan-2018
Rangkaian Kegiatan HUT Keluarga Besar FKPPI Ke 38 dan HUT TNI Ke 71 Tahun 2016

08:00 - Lapangan Tembak Korem 152 Babullah

20 Sep-2016
Musyawarah Daerah KNPI Provinsi Maluku Utara

20:00 - Amara International Hotel

21 Sep-2016
Pertemuan Gubernur Maluku Utara dengan Gubernur Jawa Timur

09:00 - Amara International Hotel

22 Sep-2016
Acara Wisuda Universitas Halmahera Tahun 2016

08:30 - Gedung Poly Grand, Tobelo

Ruang Multimedia