PPIHD MALUT GELAR APEL SIAGA PERSIAPAN JEMAAH CALON HAJI 2022

PPIHD MALUT GELAR APEL SIAGA PERSIAPAN JEMAAH CALON HAJI 2022

TERNATE - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Tahun 2022 Provinsi Maluku Utara menggelar Apel Siaga di halaman Asrama Haji Transit Ngade Ternate, pada Rabu (22/6/2022).

Apel siaga yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Maluku Utara, Drs. Syamsuddin A. Kadir itu bertujuan untuk memastikan persiapan pelayanan terhadap Jemaah Calon Haji Provinsi Maluku Utara.  

”Dengan apel ini saya berharap agar para petugas dalam memberikan pelayanan kepada jemaah calon haji dapat mengkonfirmasi atau berkomunikasi dengan baik, sehingga para jemaah calon haji mendapat kenyamanan dalam melaksanakan ibadah haji,” ujar Sekprov Syamsuddin.

Menurutnya, yang berhadapan langsung nantinya di lapangan adalah para Petugas Haji, untuk itu pada saat pelaksanaan pelayanan jemaah calon haji para petugas ini dapat memberikan pelayanan terbaik secara maksimal terhadap para jemaah calon haji.

“Nantinya saat jemaah calon haji masuk asrama haji untuk di karantina, Petugas Haji juga harus dapat memberikan pemahaman dengan baik, sehingga tidak terjadi masalah” harapnya.

Petugas Haji yang tergabung dalam PPIHD Maluku Utara juga dipesankan agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dengan baik, sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe, dalam laporannya mengatakan, selama dua tahun pelaksanaan Ibadah Haji tidak dapat terlaksana, baru di tahun 2022 Pemerintah Arab Saudi membuka kembali pelaksanaan Ibadah Haji untuk Indonesia, dengan memperoleh jatah 1 juta Jemaah Calon Haji. Untuk Maluku Utara memperoleh jatah sebanyak 489 jemaah calon haji, ditambah 2 Petugas Haji yang dibagi dalam 2 kloter, yaitu kloter 11 dan 12 Embarkasi Makassar.

”Pada tanggal 23 dan 24 Juni jemaah calon haji dari kabupaten kota mulai masuk di Asrama Haji transit Ngade Ternate untuk di karantina, selanjutnya keberangkatan dilakukan pada tanggal 25 dan 26 juni 2022, menuju Embarkasi Makassar, sehingga selama jemaah calon haji berada di Asrama Haji pengamanan harus benar-benar steril,” papar H. Sarbin Sehe.

Lebih lanjut, H. Sarbin Sehe menyinggung bahwa saat ini Covid-19 masih ada dan berkembang, sehingga jemaah calon haji juga akan dilakukan PCR, dan jika ada jemaah calon haji yang terkonfirmasi maka akan tidak dapat diberangkatkan, sehingga harus benar-benar dijaga kondisi kesehatan para jemaah calon haji.

Pelaksanan apel siaga ini tidak saja diikuti oleh anggota PPIHD Malut, tetapi juga dari Komisi IV DPRD Maluku Utara, Polres Kota Ternate, Satpol PP, serta lintas sektor terkait. (*/red.)

 

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

10 Mar-2020
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVI

08.00 WIT - Gedung New Plaza, Tobelo

12 Mar-2020
Seminar Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah dari Tidore sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesi

08.30 - Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana, Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta

26 Feb-2021
pelantikan kepala daerah yang di lantik oleh Gubernur

10.00 - selesai - aula nuku

Ruang Multimedia