PERINGATAN HARI KARTINI MENDORONG KESETARAAN IDEAL PEREMPUAN INDONESIA

PERINGATAN HARI KARTINI MENDORONG KESETARAAN IDEAL PEREMPUAN INDONESIA

TERNATE - Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara (Malut), Samsudidn A. Kadir menghadiri puncak peringatan hari Kartini ke-144 yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Malut, di Royal Resto Kalumpang Ternate, pada Kamis (21/4/2022) kemarin.

"Peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan Perempuan Indonesia dari masa ke masa," ujar Sekprov Malut.

Sekprov menambahkan, tanggal ini dipilih untuk menghormati perjuangan Pahlawan Raden Ajeng Kartini sebagai pejuang perempuan tangguh, yang merupakan awal bangkitnya gerakan Perempuan Indonesia. Untuk itu, peringatan Hari Kartini di Indonesia menjadi momentum untuk mendorong Perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya.

“Hingga saat ini, telah banyak kemajuan yang dirasakan oleh pemerintah. Namun kesetaraan ideal yang kita cita-citakan belum sepenuhya tercapai. Budaya partriarki yang telah mengakar selama berabad-abad masih tersisa dalam kehidupan bermasyarakat. Di tengah terpaan apapun, Perempuan Indonesia merupakan srikandi-srikandi kuat yang melampaui berbagi tantangan yang melingkupi mereka," ulasnya.

Lebih lanjut, begitu pula di masa yang sulit ini, Perempuan - perempuan Indonesia turut hadir di garda terdepan. Tetapi, di tengah perjuangan menuju pemberdayaan perempuan yang membawa beragam macam tantangan, rintangan dan hambatan, ada suatu hal yang tidak dapat berubah, yakni Perempuan Indonesia tetaplah tangguh, kuat dan berani dalam menjadi penopang hidup kaumnya, menjadi sebaik-baiknya Ibu bangsa.

"Saya berharap kita dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan, sekaligus mengingat bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan” pungkasnya.
 
Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Malut ini ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada Perempuan Hebat dan Tangguh yang dilaksanakan oleh OASE-KIM bersama Kemendagri.

Sekprov menyampaikan ucapan selamat kepada para penerima penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi dari kabupaten/kota dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, sosial budaya dan pertanian.

"Terima kasih kepada organisasi aksi solidaritas era kabinet Indonesia maju bersama Dirjen OTDA Kemendagri yang telah menginsiasi pemberian pengahargaan ini menjadi motivasi dan semangat bagi para perempuan yang ada di Malut". ucapnya.

Turut hadir dalam peringatan ini, Bupati Kepulauan Sula, Walikota Tidore, Wakil Bupati Halsel, Sekda Kab. Halteng, Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Malut, serta para perwakilan Perempuan Berjasa dan Berprestasi dari Kabupaten Kota se-Provinsi Malut.  (**/red)

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

10 Mar-2020
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVI

08.00 WIT - Gedung New Plaza, Tobelo

12 Mar-2020
Seminar Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah dari Tidore sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesi

08.30 - Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana, Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta

26 Feb-2021
pelantikan kepala daerah yang di lantik oleh Gubernur

10.00 - selesai - aula nuku

Ruang Multimedia