PEMPROV MALUT MENGHADIRI PERAYAAN HARI RAYA WAISAK 2566 BE/2022

PEMPROV MALUT MENGHADIRI PERAYAAN HARI RAYA WAISAK 2566 BE/2022

TERNATE - Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara turut menghadiri Perayaan Hari Tri Suci Waisak Tahun 2022, yang digelar Corner Hotel Ternate, pada Minggu malam (05/6/2022) kemarin.

Gubernur Maluku Utara, yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Sri Hariyati Hatari pada kesempatan itu membuka acara Dharmasanti Waisak 2566 Buddhist Era (BE)/2022 M.

Dalam sambutannya, Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Ghani Kasuba mengucapkan Selamat Memperingati Hari Tri Suci Waisak Tahun 2022 atau 2566 BE, kepada seluruh Umat Buddha di Provinsi Maluku Utara.

“Hari Raya Waisak bagi Umat Buddha di Indonesia, maupun di seantero dunia adalah perayaan yang paling dinanti-nantikan oleh Umat Buddha, Perayaan Hari Trisuci Waisak tahun ini akan dapat dijadikan sebagai momentum merubah pola pikir dan cara kehidupan beragama dengan benar sesuai dengan kitab Suci Tripitaka agar menjadi umat Buddha yang moderat” ujarnya.  

Gubernur menambahkan, Peringatan Dharmasanti Waisak ini harus digunakan untuk memperkokoh komitmen, untuk menghormati makna hakiki hidup dan kehidupan, menjalankan praktik-praktik kebenaran untuk meraih keharmonisan, mengajarkan Dharma sebagai pedoman untuk menunaikan tugas dan kewajiban.

“Dengan menjalankan Dharma, umat Buddha mendapatkan kesempatan menata keseimbangan batinnya, memuliakan keagungan Tuhan Yang Maha Welas Asih, memuliakan harkat dan martabat kemanusiaannya sebagai umat beragama," ucap Gubernur.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Gubernur menitip pesan kepada seluruh ummat Buddha yang merayakan Hari Trisuci Waisak 2566 BE/2022, agar semangat yang terkandung dalam Perayaan Tri Suci Waisak mampu meningkatkan kebersamaan dan toleransi demi mewujudkan kerukunan antarumat beragama, sehingga terciptanya keharmonisan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Walikota Ternate, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ternate, Ketua FKUB Provnisi Maluku Utara dan Kota Ternate, Ketua MUI Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate, serta para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat Kota Ternate. (*/red.)

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

10 Mar-2020
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVI

08.00 WIT - Gedung New Plaza, Tobelo

12 Mar-2020
Seminar Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah dari Tidore sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesi

08.30 - Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana, Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta

26 Feb-2021
pelantikan kepala daerah yang di lantik oleh Gubernur

10.00 - selesai - aula nuku

Ruang Multimedia