Kontribusi Kominfo dalam pembangunan bidang kesehatan

Kontribusi Kominfo dalam pembangunan bidang kesehatan

TERNATE - Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengembangkan program pembangunan fasilitas komunikasi dan internet di seluruh kabupaten/kota yang belum memiliki layanan komunikasi. Juga program penyediaan domain bagi unit fasilitas kesehatan dari Ditjen Aplikasi Informatika.

 

 

Untuk mendukung program tersebut, Dinas Kominfosan Malut melakukan pendataan fasilitas kesehatan semenjak 2017, yaitu pengumpulan data Puskesmas untuk diajukan dalam pengusulan pengadaan jaringan telekomunikasi dan jaringan internet ke pihak BAKTI Kemkominfo.

 

Hal ini dikatakan Dr. Iksan R.A. Arsad, M.Si, Kepala Bidang (Kabid) Infastruktur, Tekhnologi Informasi Komunikasi dan E-Goverment mewakili Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Maluku Utara, dalam penyampaian materi Rapat Koordinasi Penguatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Tingkat Kabupaten/ Kota se-Provinsi Maluku Utara, Jumat (26/04).

 

Lebih jauh kata Kabid, dalam program pembangunan kesehatan, Teknologi Informasi (TI) sangat berperan penting. Penggunaan TI dalam bidang kesehatan, tidak hanya akan dirasakan manfaatnya oleh para penggunanya saja, tetapi juga oleh organisasi seperti rumah sakit, puskesmas, klinik dan lainnya.

 

“Perangkat TI ini secara tidak langsung dapat menolong jiwa manusia. TI dimanfaatkan untuk menyimpan dan mengolah data administrasi rumah sakit atau klinik, riset bidang kedokteran, mendiagnosis penyakit, menemukan obat yang tepat, serta dapat juga dimanfatkan untuk menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat mata telanjang” papar Iksan. 

 

Rapat koordinasi ini bertujuan untuk mensinkronkan dan mengkoordinasikan perencanaan pelaksanaan penguatan PIS-PK oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, berlangsung selama 3 hari, Kamis hingga Sabtu (27-27/04) di Hotel Boulevard Ternate.  Peserta yang diundang mewakili Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Bappeda Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku Utara.

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

10 Mar-2020
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVI

08.00 WIT - Gedung New Plaza, Tobelo

12 Mar-2020
Seminar Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah dari Tidore sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesi

08.30 - Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana, Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta

Ruang Multimedia