Wagub Mengajak Cegah Stunting Untuk Mewujudkan Generasi Handal Penerus Masa Depan Bangsa

Wagub Mengajak Cegah Stunting Untuk Mewujudkan Generasi Handal Penerus Masa Depan Bangsa

Ternate_ Stunting merupakan ancaman utama terhadap kualitas manusia Indonesia, juga ancaman terhadap kemampuan daya saing bangsa. Hadirnya Peraturan Pemerintah yang dituangkan dalam Peraturan Presiden No. 7 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Angka Stunting, sudah sangat menghawatirkan, oleh karena itu diperlukan kerjasama yang baik, terstruktur dan masif untuk mengejar target pemerintah.

Demikian pernyataan Wakil Gubernur Maluku Utara, Ir. Al Yasin Ali, saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kota Ternate Tahun 2022, di Hotel Jati, Senin (14/11/2022) kemarin.  

Lebih lanjut, Wagub mengatakan bahwa Penyelenggaraan rakor dan Pengukuhan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Ternate ini, membuktikan keseriusan dan kesungguhan dalam mensukseskan program pemerintah demi Percepatan menekan Angka Stunting secara nasional, dan menjadi momentum dalam membangun komitmen, menyatukan presepsi merajuk kebersamaan untuk satu tujuan bersama.

“Ini upaya bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetensi di tingkat global” tegasnya.

Selain itu, hadirnya TPPS ini agar bekerja lebih cepat, menggunakan segala kapasitas yang dimiliki untuk melakukan pencegahan terhadap meningkatnya jumlah Stunting. Pencegahan Stunting harus dimulai dari hulu, bukan pada hilir, fase hulu itu yakni prenatal atau sebelum kelahiran, artiinya pemahaman dan pemenuhan Asupan Gizi pada semua Ibu Hamil harus terpenuhi, sehingga diharapkan potensi melahirkan anak yang Bebas Stunting lebih besar.

Menurut Wagub, ada tiga hal utama yang harus diperhatikan dalam Pencegahan Stunting yaitu: Perbaikan terhadap pola makan; Pola asuh; serta Perbaikan Sanitasi, terutama air bersih.

“Marilah kita bersinergi membangun komitmen bersama dalam Mencegah dan Mengurangi Angka Stunting sebagai bagian dari ikhtiar kita bersama untuk mewujudkan generasi handal, penerus masa depan bangsa," himbau Wagub, yang juga merupakan Ketua TPPS Provinsi Maluku Utara.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Walikota Ternate, Wakil Walikota Ternate, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara, Sekretaris Daerah Kota Ternate, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate, Tim TPPS Kota Ternate, serta seluruh Satgas Stunting. (Adpim/red.)

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

03 Oct-2022
Festival Literasi

10;00 - Aula Nuku Lantai 2 Kantor Gubernur Sofifi

03 Oct-2022
Pemeriksaan PDTT Atas Perencanaan Anggaran dan Belanja Modal TA 2021 dan 2022

10:00-selesai - Menyesuaikan dengan kondisi Pemerintah Provinsi Maluku Utara

06 Oct-2022
Deklarasi Dokumen Final RZWP-3-K Provinsi Maluku Utara Pasca Konsultasi Publik

13:30 - Selesai - Ruang Rapat Lantai IV Kantor Gubernur, Jln Raya Trans Halmahera Gosale Puncak No 1 Sofifi Maluku Uta

Ruang Multimedia