Peringati Maulid Nabi, Gubernur kisahkan perjuangan leluhur menyebarkan Islam

Peringati Maulid Nabi, Gubernur kisahkan perjuangan leluhur menyebarkan Islam

Bacan - Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1442 H, yang diselenggarkan oleh Abnaulkhairaat bersama Komisariat Daerah (Komda) Halsel dengan mengusung Tema, "menjalin ukhuwah Islamiyah, mewujudkan Abnaulkhairaat yang cinta rasul dan ulama dengan akhlakul karimah," berlangsung khidmat, yang dipusatkan di lokasi Mts Alkhairat Labuha, sabtu (31/10).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam situasi pandemik Covid-19. Meskipun demikian, pelaksanaan kegiatan tetap mengikuti protokol kesehatan melakukan tiga M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Gubernur Maluku Utara, Kh. Abdul Gani Kasuba, Lc didampingi oleh Ibu Hj. Faoniah Djauhar Kasuba saat menghadiri kegiatan tersebut langsung disambut hangat oleh para Siswa-siswi Alkhairat. Sebagai lulusan Alkhairat dan anak asuhan langsung dari Guru Tua Habib Idrus Bin Salim Al Jufri, Gubernur dalam sambutannya mengajak kepada seluruh pihak-pihak terkait agar serius memperhatikan bangunan sekolah Alkhairat. Gubernur lalu mengenang perjuangan para leluhur terdahulu terkait menyebarkan Islam dengan cara membangun pendidikan madrasah Alkhairat.

"Saya ingat bangunan Sekolah Alkhairat ini dibangun oleh partisipasi orang tua-tua terdahulu dengan kerja keras mereka sehingga akhirnya dapat diresmikan oleh Bupati Supanji saat itu,". Tuturnya

Gubernur juga mengisahkan bagaiman perjuangan Guru Tua Habib Idrus Bin Salim Al Jufri saat mengirimkan para guru di setiap pelosok-pelosok desa di wilayah ini sehingga berhasil mencetak para murid seperti Ustad Ahmad Bahtiar.

Gubernur juga berharap agar perjuangan para leluhur dalam memperjuangkan Islam dapat diwarisi kepada generasi selanjutnya.

"Mudah-mudahan kita bersama-sama dapat meneruskan apa yang telah diperjuangkan,". Ungkapnya.

Selain itu, Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw juga diisi dengan penyampaian hikmah ceramah oleh Ustad Muhammad Toriq Kasuba yang membicarakan Kecintaan Rasulullah terhadap umatnya.

Dalam ceramahnya, Ustad Toriq juga sebagaimana mengutip Alquran yang dijelaskan oleh Allah bahwasanya Orang-orang yang Allah berikan jabatan, kedudukan di muka bumi ini apa yang Allah perintahkan dan tugaskan, yang pertama pemimpin-pemimpin agar jangan lupa sholat dan jangan lupa perintahkan rakyat untuk juga melaksanakan solat. Selain itu menunaikan zakat, memerintahkan kepada hal-hal yang ma’ruf dan memerintahkan mencegah yang mungkar.

"Baik Pemerintah Provinsi menerapkan kebaikan maupun di dewan membuat aturan-aturan kebaikan dan mencegah kemungkaran". Ungkapnya.

Toriq juga mengajak keluarga besar Alkhairat agar semangat senantiasa menyambut kebaikan. menurutnya, gerakan apa saja tentang kebaikan maka itu akan disambut dengan penuh semangat oleh Abnulkhairaat.

Toriq kemudian menjelaskan melalui sebuah hadist Nabi Saw yang bersabda, di antara manusia ini hanya ada dua golongan, golongan yang pertama yaitu golongan yang mereka adalah kunci-kunci kebaikan yaitu golongan yang dikatakan sebagai gembok-gembok keburukan, golongan yang mengunci keburukan sembari membuka kebaikan. Sedangkan golongan manusia yang kedua, yaitu golongan-golongan yang menutup kebaikan dan justru membuka keburukan.

"Insya Allah Abnulkhairaat merupakan golongan yang pertama, yaitu golongan yang membuka kebaikan". Ujarnya.

Sekedar diketahui tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Malut, Kuntu Daud, Ketua Tim PKK Malut, Hj. Faoniah Djauhar Kasuba, Sekwan Malut, Abubakar Abdullah, Kepala DPM PTSP, Bambang Hermawan, Plt Karo PKKP, Rahwan K, Suamba, Plt Kadis Kominfo Malut, Iksan Arsad, Plt Kadis Perindang, Yudhitya Wahab, Ketua Komda Alkhairat, Nadjib Bachmid, kepala kemenag Halsel, La sengka La Dadu, Pimpinan SKPD Halsel, Forkopimda Halsel, Tokoh Agama dan Para Abnaulkhairat beserta siswa-siswi Mts Alkhairat Labuha. (Humas)

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

10 Mar-2020
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVI

08.00 WIT - Gedung New Plaza, Tobelo

12 Mar-2020
Seminar Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah dari Tidore sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesi

08.30 - Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana, Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta

Ruang Multimedia