Pengintegrasian Data SIAK, Gubernur Apresiasi Dua Kabupaten Ini

Pengintegrasian Data SIAK, Gubernur Apresiasi Dua Kabupaten Ini

SOFIFI - Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Provinsi Maluku Utara sampai dengan pertengahan bulan September 2020 adalah sebanyak 837.338 atau 92,1% dari jumlah wajib KTP 910.075 jiwa, sedangkan yang belum melakukan perekaman sebanyak 72.737 jiwa atau sebanyak 7,9%.

Data ini disampaikan Gubenur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya untuk membuka Kegiatan Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) yang mengambil tema Ngobrol dan Faduli Adminduk Masyarakat Maluku Utara (Ngofa Satara), Senin (28/09) dari lantai 4 ruang kerjanya di Kantor Gubernur Sofifi.

Lanjut Gubernur, untuk Akta Kelahiran Anak Usia 0-18 hingga September 2020 397.489 anak atau 85,5% dari jumlah anak sebanyak 464.821 di Maluku Utara.  Masih tersisa 67.332 anak atau sebanyak 14,5% yang belum memiliki akta kelahiran, atau sudah memiliki namun belum terintegrasi ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Gubernur menyadari, jajaran Dukcapil Kabupaten/kota di lingkup Provinsi Maluku Utara dihadapkan pada berbagai kendala dalam melaksanakan pelayanan, di antaranya kondisi jangkauan geografis yang sulit serta keterbatasan sumber daya aparatur  dan anggaran. Untuk itulah, Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota sebagai garda terdepan dalam pelayanan administrasi kependududkan di Provinsi Maluku Utara, dan berharap kegiatan menyapa masyarakat ini lebih sering dilaksanakan.  

Bersama Kadis Dukcapil Burhan Mansur, Kadis Diskominfo Iksan Arsad dan sejumlah pejabat eselon, Gubernur di kesempatan itu menyampaikan selamat kepada Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Halmahera Tengah yang telah melakukan pelayanan penerbitan dan pengintegrasian akta kelahiran anak 0-18 tahun ke dalam SIAK yang hingga mencapai 100%.

Kegiatan yang merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku Utara ke-21 ini dihadiri secara daring Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan  Sipil Kementerian Dalam Negeri Prof. Zudan Arif Fakrulloh, Para Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku Utara, Para Perwakilan Lembaga dan Organisasi Masyarakat se-Provinsi Maluku Utara, dan sejumlah warga Masyarakat. (Acm)

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

10 Mar-2020
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVI

08.00 WIT - Gedung New Plaza, Tobelo

12 Mar-2020
Seminar Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah dari Tidore sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesi

08.30 - Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana, Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta

Ruang Multimedia