Gubernur Lantik Sekda Malut

Gubernur Lantik Sekda Malut

Sofifi - Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba melantik dan mengambil sumpah Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Maluku Utara, Drs. Syamsuddin Abdul Kadir sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Jumat (07/02) di aula lantai IV kantor Gubernur, Sofifi.

Kurang lebih 10 (sepuluh) bulan, jabatan Sekda mengalami kekosongan dan diisi oleh Bambang Hermawan dan Andi Bataralifu sebab H. Muabidin H. Radjab, sekda defenitif memasuki masa purna bakti.

Sebelumnya, dari hasil penjaringan panitia seleksi, Gubernur mengusulkan tiga nama calon Sekda dengan nilai tertinggi, Bambang Hermawan, Syamsuddin Abdul Kadir dan Nirwan M.T Ali ke tim pusat.

Dari ketiga nama tersebut,  Syamsuddin yang terpilih dan ditetapkan sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara berdasarkan  Keputusan Presiden RI Nomor 19/TPAN Tahun 2020 tanggal 23 Januari 2020.

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses penjaringan  Sekda yang dimulai dari pembentukan panitia seleksi, rekruitmen calon dan seterusnya dilakukan secara terbuka dan transparan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku.

Gubernur dua periode ini berpesan kepada pejabat yang baru dilantik untuk jalani amanah dengan sebaik-baiknya, lakukan segala sesuatu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, terlebih yang berkaitan dengan anggaran perlu mengedepankan sikap kehati-hatian, sebab jika salah mengambil keputusan maka akan berdampak hukum.

Kepada Bapak Andi Bataralifu, Gubernur atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku Utara menyampaikan terima kasih yang tulus atas jasa dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Penjabat Sekertaris Daerah Maluku Utara.

Meskipun menjabat hanya dalam waktu yang sangat singkat, tidak lebih dari 3 bulan, namun banyak hal yang telah disumbangkan untuk Maluku Utara. Semoga pengabdiannya itu tidak hanya bermanfaat sebagai peningkatan karier, tetapi juga menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT kelak.

Selanjutnya kepada seluruh pimpinan OPD, Gubernur meminta agar lebih meningkatkan koordinasi dengan Sekertaris Daerah dalam hal-hal yang berkaitan dengan program dan kegiatan. Jangan sekali-kali mengambil kebijakan dan keputusan sendiri-sendiri tanpa sepengetahuan Sekda. Jika itu terjadi maka dia tidak akan segan-segan mengambil tindakan.

Di akhir sambutan, dia mengajak semua pihak untuk bahu-membahu, saling bergandengan tangan membangun daerah guna menuju Maluku Utara Sejahtera.

Hadir dalam acara ini Wakil Gubernur,   Pimpinan DPRD Provinsi Maluku Utara, jajaran Forkopimda Provinsi Maluku Utara, Bupati dan Walikota se-Provinsi Maluku Utara, Pimpinan Instansi Vertikal,  Pimpinan Perguruan Tinggi, Staf Ahli, Asisten dan Pimpinan OPD Pemprov Malut serta Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Provinsi Maluku Utara. (AC)

©MalutProv

Berita Terkait

Artikel Terpopuler

10 Mar-2020
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XVI

08.00 WIT - Gedung New Plaza, Tobelo

12 Mar-2020
Seminar Pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah dari Tidore sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesi

08.30 - Aula Bung Hatta Gedung Pascasarjana, Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, DKI Jakarta

Ruang Multimedia